Konsepsi IBD Dalam Kesusastraan


Pendekatan Pada Bidang Kesusastraan
Ilmu budaya dasar yang nama sebenarnya adalah Basic Humanities, yaitu berasal dari bahasa Inggris yakni the humanities. Istilah ini berasal pula dari bahasa latin Humanus yang artinya manusiawi, berbudaya dan halus.

Seni merupakan salah satu bentuk ekspresi seseorang atas karyanya yang di tuangkan dalam bentuk apapun , seperti lagu , puisi , pantun dll . Banyak hal yang melatarbelakangi Ilmu Budaya Dasar dalam kesustraan . Sastra disini merupakan hampir sama dengan seni , dimana sastra dibagi beberapa aspek yaitu sebagai berikut :
  • Teori sastra, yaitu cabang ilmu sastra yang mempelajari tentang asas-asas, hukum-hukum, prinsip dasar sastra, seperti struktur, sifat-sifat, jenis-jenis, serta sistem sastra.
  •  Sejarah sastra, yaitu ilmu yang mempelajari sastra sejak timbulnya hingga perkembangan yang terbaru
  •  Kritik sastra, yaitu ilmu yang mempelajari karya sastra dengan memberikan pertimbangan dan penilaian terhadap karya sastra. Kritik sastra dikenal juga dengan nama telaah sastra.
  • Filologi, yaitu cabang ilmu sastra yang meneliti segi kebudayaan untuk mengenal tata nilai, sikap hidup, dan semacamnya dari masyarakat yang memiliki karya sastra.

Dimana hubungan antara ke empat itu saling berhubungan satu dengan yang lain . Kini saya akan membahas tentang  Ilmu Budaya Dasar Yang Berhubungan dengan Puisi . 
Ilmu Budaya Dasar Yang Berhubungan dengan Puisi
Puisi merupakan salah satu wujud pengungkapan kata-kata dalam bentuk yang tersusun . Dimana dalam puisi ada bagian-bagiannya yang termasuk dalam prosa . Seni disini adalah menggabungkan antara ekspresi dengan kata-kata yang menyatu dan terpadu dalam satu baris . Kepuitisan, keartistikan atau keestetikaan bahsa puisi disebabkan oleh kreativitas penyair dalam membangun puisinya dengan menggunakan

  1. Figura bahasa
  2. Kata-kata yang ambiguitas
  3. Kata-kata yang berjiwa
  4. Kata-kata yang konotatif
  5. Pengulangan

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers