Konvergensi media
Konvergensi media konvensional
menjadi digital . Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian
media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan.
Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi
digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.
Konvergensi
jaringan adalah koeksistensi efisien telepon, video dan komunikasi data dalam satu
jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan
kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang
terpisah.
Perkembangan konvergensi media
Konvergensi
pada umumnya berarti persimpangan media lama dan baru. Henry Jenkins menyatakan
bahwa konvergensi adalah, “Aliran konten di platform beberapa media, kerja sama
antara industri beberapa media, dan perilaku migrasi khalayak media.”
Konvergensi
media tidak hanya pergeseran teknologi atau proses teknologi, namun juga
termasuk pergeseran dalam paradigma industri, budaya, dan sosial yang mendorong
konsumen untuk mencari informasi baru. Konvergensi media terjadi dengan melihat
bagaimana individu berinteraksi dengan orang lain pada tingkat sosial dan
menggunakan berbagai platform media untuk menciptakan pengalaman baru,
bentuk-bentuk baru media dan konten yang menghubungkan kita secara sosial, dan
tidak hanya kepada konsumen lain, tetapi untuk para produsen perusahaan media.
Gerakan
konvergensi media tumbuh secara khusus dari munculnya Internet dan digitalisasi
informasi. Konvergensi media ini menyatukan 3C yaitu computing (memasukkan data
melalui komputer), communication (komunikasi), dan content (materi isi/
konten). Teori konvergensi media yang diteliti oleh Henry Jenkins pada tahun
2006, menyatakan bahwa konvergensi media merupakan proses yang terjadi sesuai
dengan perkembangan budaya masyarakat.
Dampak Konvergensi Media :
Konvergensi media juga mengubah hubungan antara
teknologi, industri, pasar, gaya hidup dan khalayak. Singkatnya, konvergensi
mengubah pola-pola hubungan produksi dan konsumsi, yang penggunaannya berdampak
serius pada berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan
kebudayaan.
Misalnya saja, bagaimana surat kabar harian
Kompas yang dulunya hanya menyediakan berita di media cetak kemudian menghadapi
perubahan teknologi yang drastis ini. Ternyata Koran kompas juga mengikuti
perkembangan teknologi sehingga juga menyediakan berita di internet seperti
kompas.com atau detik.com. Dengan tersedianya berita di internet yang bisa
dikonsumsi dengan computer bahkan sekarang bisa mengkonsumsi berita dengan
handphone (Hp), sehingga masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi,
hiburan, sosial, politik, bahkan bidang ekonomi ( misalnya, saat ini, orang
tidak perlu repot lagi jika ingin berbelaja sesuatu, dari ponsel yang dimiliki
bisa melakukan banyak hal misalnya membaca koran di pagi hari, bertegur sapa
dengan para kolega, mengirim pesan penting dalam bentuk yang singkat (SMS) atau
panjang melalui email, melakukan rapat-rapat penting, sampai pada melakukan
transaksi dalam jumlah yang besar. Semua konten tersebut hadir dalam satu
platform media.
Manfaat konvergensi media
Manfaat konevergensi media tentu saja
memudahkan khalayak dalam mendapatkan informasi, berita, hiburan, membeli
barang. Tidak mebutuhkan biaya yang banyak, lebih hemat waktu, praktis, juga
bisa membuat pihak media sebagai tantangan untuk mengembangkan media yang sudah
ada sebelumnya.
KONSEP RSS
RSS adalah singkatan
dari Really Simple Sindication, yakni satu sistem sindikasi yang
memungkinkan Anda untuk mendapatkan update/artikel terbaru dari situs-situs
favorit Anda secara otomatis. Misalkan Anda sangat menyukai blog ini (cuma
contoh lho!), maka dengan mendaftarkan diri di RSS saya Anda
akan memperoleh artikel-artikel terbaru setiap kali saya meng-update blog ini. RSS adalah sebuah file
berformat XML untuk sindikasi
yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa
§
Rich Site Summary (RSS 0.91)
§
RDF
Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
§
Really Simple Syndication (RSS 2.0)
Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan
kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan
web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti
secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan
pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita
kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun,
berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak
diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau
sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi
lengkap artikelnya.
RSS digunakan secara luas oleh
komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal,
kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara.
Sekitar 2000, penggunaan RSS meluas di berbagai penerbitan
berita, termasuk Reuters, CNN, dan BBC. RSS digunakan
pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk:
pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang
membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.
Manfaat:
·
RSS biasanya digunakan secara luas di website yang menyediakan
konten yang dinamis dan terupdate secara berkala, seperti halnya blog, portal
berita, dan lain-lain.
·
RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar
ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel
lengkap dan bahkan gambar dan suara. RSS digunakan pada hampir semua situs
berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk: pemasaran, press release,
laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan
periodik dan tentunya publikasi.
·
Manfaat yang diperoleh dengan adanya RSS adalah pembaca sangat
dimudahkan dalam mengetahui update terbaru suatu website tanpa perlu
mengunjungi alamat website tersebut, karena pembaca hanya butuh untuk
berlangganan pengumpan (feed) dari website tersebut.
·
Beberapa website atau blog hanya menyediakan umpan RSS berupa
beberapa baris kalimat atau ringkasannya saja, namun ada juga yang menyediakan
umpan berupa artikel penuh, tergantung tujuan dari masing-masing pengelola
website tersebut.
Konsep IPTV
Definisi
IPTV:
IPTV
adalah suatu layanan multimedia yang terdiri atas programtelevisi, video
(gambar bergerak), audio (suara), tulisan (text),graphics (gambar diam) dan
data yang disalurkan ke pelangganmelalui suatu jaringan tertutup yang berbasis
IP.
IPTV
bukan sekedar siaran TV yang disalurkan melalui internet dandapat diakses oleh
siapa saja, tanpa adanya jaminan-jaminan daripenyelenggara. Penyelenggara IPTV
menjamin pelanggan atas kualitas (QoS/QoE),keamanan (security), kemampuan
berinteraktif dan keandalan darilayanan yang disalurkan oleh penyelenggara IPTV
sampai layanantersebut diterima oleh pelanggan-pelanggan.
Dalam
layanan IPTV, semua aktivitas layanan baik video ataupun
“interaktif
melalui platform IP”disalurkan ke pelanggan dengansuatu “jaringan tetap
broadband” (fixed broadband network) xDSLatau FTTH yang dapat dinikmati oleh
pelanggan melalui suatupesawat TV standar dengan IP-STB.
IPTV vs Internet:
IPTV
-
Closed system, kualitas layanan terjamin(managed QoS).
-
Video konten dikirim hanya kepadapelanggan (known subscriber) Pengiriman
melalui IP packets sampaidengan pelanggan (end customer).
-
Dikirim melalui infrastruktur jaringan milik service provider.
-
Sesuai dengan jangkauan jaringan yang dimilikinya.
-
Umumnya menggunakan IP-STB digitaluntuk mengakses dan pengkodeanlayanan
konten.Menggunakan PC, software yangdigunakan tergantung formatkonten.
-
Biaya
-
Video konten dibuat oleh perusahaan profesional, jumlahnya terbatas.
Internet
TV
-
Open system, kontrol kualitas layanan tidak dijamin (BestEffort QoS).
-
Video konten dikirim kepada siapapun Pengiriman melalui IP packets sampai
internet cloud sendiri.
-
Dikirim dan diterima melalui public internet yang melibatkanbanyak pihak.
-
Tidak ada batasan wilayah, dimanapun ada akses internet.
-
Umumnya menggunakan PC, software yang digunakan tergantung format konten.
-
Gratis
-
Video konten bisa dibuat siapapun, jumlah kontennya tidak terbatas.
Konsep Podcasting
Defenisi:
Istilah
"podcasting" pertama kali muncul dalam sebuah karangan artikel oleh
Ben Hammersley di surat kabar The Guardian pada Februari 2004, bersama dengan
istilah lain yang diusulkan untuk menamakan teknologi baru ini.
"Podcast" merupakan lakuran kata "pod" — "playable on
demand" (dimainkan atas permintaan), yang kelak digunakan Apple Computer
(sekarang Apple) untuk merek pemutar-media-saku (portable media player) iPod —
dan "broadcasting" (penyiaran). Nama ini dapat menyesatkan, karena
siniar dapat digunakan tanpa iPod, atau bentuk pemutar-media-saku lain;
isi-kandungannya dapat diperoleh dengan komputer yang dapat memainkan berkas
media. Penggunaan istilah "podcast" mendahului adanya dukungan asal
(native support) untuk layanan siniar bagi iPod, atau perangkat lunak Apple
iTunes. Untuk menghindari keterkaitannya dengan istilah "iPod",
beberapa orang memakai istilah "netcast" sebagai pengganti
"podcast", seperti siniarwan (podcaster) TWiT.tv Leo Laporte.
Singkata balik (backronym) telah diusulkan supaya "podcast" dapat
diuraikan sebagai "personal on demand broadcast" (penyiaran atas
permintaan pribadi).
Manfaat:
Ada
banyak manfaat dari Podcasting yang dapat Anda terima jika Anda menggunakannya
sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi:
(1)
Meningkatkan visibilitas situs Anda
Audiens
target Anda akan dapat menemukan situs Anda lebih mudah ketika Anda daftar
podcast Anda di direktori podcast yang tersedia. Visibilitas untuk situs Anda
akan meningkat sangat. Demikian pula, mesin pencari akan dapat menemukan
podcast Anda lebih mudah juga.
(2)
Menyediakan alat komunikasi bisnis yang efektif
Salah
satu manfaat penting dari Podcasting adalah kenyataan bahwa itu benar-benar
menyediakan alat komunikasi tambahan untuk bisnis online Anda. Orang-orang akan
datang untuk tahu tentang situs Anda. Apa yang telah ditulis dan ditawarkan di
situs Anda akan bisa mendapatkan kredibilitas Anda sebagai seorang penulis ahli
di bidang Anda.
(3)
Memberikan kesempatan untuk memberikan nilai tambah menawarkan
Podcasting
memungkinkan Anda untuk memberikan nilai tambah menawarkan dalam format audio.
Ini akan mempertahankan kepentingan pembaca dan pelanggan sama seperti mereka
akan senang dengan tawaran ini. Mereka dapat kembali ke situs Anda untuk
podcast mingguan “Pilihan Hot Tips untuk minggu ini”, ini akan menjadi favorit
panas bagi mereka dalam perdagangan opsi.
(4)
Menyediakan retensi memori yang lebih baik
Podcasting
melibatkan melihat, mendengar dan mengalami. Jika digabungkan, memberikan hasil
terbaik untuk retensi memori sekitar 75% untuk rata-rata orang. Ini
menyimpulkan bahwa pesan audio pasti lebih berkesan dari hanya teks biasa.
Retensi memori adalah salah satu manfaat lebih penting bisa Anda dapatkan dari
Podcasting.
(5)
Menyediakan kemudahan penggunaan
Podcast
Anda dapat dengan mudah diputar pada pemutar MP3 portabel. Orang akan dapat
mendengarkan podcast Anda di mana saja dan kapan saja. Podcasting membuat
mendengarkan pesan Anda begitu mudah, tanpa rewel.
(6)
Memberikan kesempatan untuk peningkatan lalu lintas
Jika
podcast Anda berisi konten yang besar, mereka akan mengarahkan lalu lintas ke
situs Web Anda. Hal ini akan menciptakan dampak pada penjualan Anda dan garis bawah.
Konten Anda juga harus informatif, menarik, dan harus selalu menyediakan nilai
nyata bagi pendengar Anda. Melalui Podcasting, Anda juga dapat berkomunikasi
dengan audiens target Anda.
Podcasting
adalah trend komunikasi terbaru dengan pemasar di web. Ia menawarkan jangkauan
menguntungkan untuk jutaan pendengar yang pelanggan potensial. Kemungkinan
pemasaran banyak. Podcasting adalah sekarang rute emas untuk memilih, dan tidak
harus dibiarkan keluar sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi.
VPN:
VPN
adalah singkatan dari Virtual Private Network, yaitu jaringan pribadi (bukan
untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya internet) untuk
menghubungkan antar remote-site secara aman.
Perlu
penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi
traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga
tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya
ke dalam remote-site.
Keuntungan
menggunakan layanan Virtual Private Network :
·
Browsing, surfing, dan transfer data
melalui internet menjadi semakin aman.
·
Menyembunyikan IP addres si pengguna
karena IP yang terekam adalah dari server VPN yang anda pakai.
·
Semua aplikasi di komputer/PC anda
menjadi lebih aman.
Misalnya
skype, instant messagers: ICQ,AIM,email dll
Akses
dengan kecepatan tinggi ke beberapa situs atau layanan lainnya (Tentunya dengan
VPN yang berbayar hehehe)
Proteksi
penuh terhadap akses internet Anda ketika berada pada lokasi hotspot/WiFi.
Bypass
pemblokiran yang dilakukan oleh Internet Service Provider (ISP) dimana Anda
melakukan koneksi internet.
Untuk Kerugian dari VPN
Beberapa
Vendor VPN di luar negeri rawan sekali terjadi penyadapan, hacking, cyber crime
dll
Ketersediaan
Performa jaringan khusus perusahaan berada diluar kendali pihak perusahaan
Pemanfaatan IT:
·
Alat bantu Administratif:
Telepon,
fax, komputer, printer, scanner, database, sistem informasi, jaringan LAN /
Internet
Surat
menyurat. Jarang yang menggunakan mesin ketik lagi jika IT diambil, proses
administratif terganggu.
·
Alat Bantu Pendidikan:
Membantu
memberikan mata kuliah (delivery tools)
Harga
CD-ROM lebih murah dari kertas!
Harga
CD-ROM kosong Rp 3000,- vs 30 (sd 50) halaman fotocopy
Sayang
alat baca CD-ROM masih berbentuk komputer yang relatif mahal harganya
·
Alat Bantu Penelitian
-
Kolaborasi peneliti via e-mail, mailing list.
-
Koleksi makalah, journal, karya ilmiah.
-
Situs Citeseer untuk mencari makalah di bidang ilmu komputer.
-
Digital library dari IEEE & ACM.
-
Mempermudah akses ke sumber informasi. Bandingkan dengan interlibrary loan
(lama dan mahal).
-
Seminar, konferensi menggunakan email sebagai metoda untuk pengiriman makalah.
http://id.wikipedia.org/wiki/RSS
0 komentar:
Posting Komentar