TANGGUNG JAWAB


­­              Tanggung jawab menurut saya adalah suatu perilaku yang harus menanggung segala resiko apa yang telah diperbuat oleh diri sendiri. Tanggung jawab saya menjadi manusia yaitu tanggung jawab kepada diri sendiri, tanggung jawab kepada keluarga, tanggung jawab dalam pendidikan saya, tanggung jawab saya kepada tuhan dan tanggung jawab pada kerjaan saya nanti dimasa depan dan tanggung jawab terhadap waktu. Tanggung jawab saya kepada diri sendiri yaitu berusaha berbuat baik dan walaupun saya dalam keadaan melakukan kesalahan saya harus siap menerima resiko yang saya lakukan, karena jaman sekarang orang yang bertanggung jawab kepada diri sendiri sangat lah susah karena manusia hanya ingin melakukan kesalahan tapi tidak mau menanggung akibat dan resiko dari perbuatannya . Contoh jika saya menjatuhkan sebuah barang eletronik di sebuah toko elektronik, si penjual toko tersebut meminta saya untuk mengganti barang elektronik tersebut yang saya jatuhkan itu maka sebagai manusia yang bertanggung jawab saya harus membelinya, karena ini akibat kesalahan saya . 
Tanggung jawab kepada orang tua adalah tanggung jawab membahagiakan orangtua dalam bidang apapun karena orang tua kita yang telah melahirkan kita dan membesarkan kita , kelak jika orang tua kita tua kita bertanggung jawab mengasuhnya . Contohnya tanggung jawab dikeluarga yaitu menjaga nama baik orang tua , karena jaman sekarang anak-anak remaja semakin jarang mempunyai tanggung jawab kepada keluarganya. Sebabnya karena pergaulan jaman seperti seks, narkoba, merokok, minum-minuman keras, berjudi, sabung ayam, balap-balapan dan semua perilaku yang tercela lainnya . Mungkin juga karena kurangnya kasih sayang di keluarga makanya remaja sekarang seperti itu , bisa jadi juga karena pengaruh lingkungan sekitar kita . Tanggung jawab harus di pupuk dari sekarang juga agar kita bisa dewasa apa yang akan kita perbuat dan menerima resikonya .
Tanggung jawab kepada Tuhan adalah mengerjakan ibadah seperti sholat 5 waktu, puasa di bulan ramadhan, zakat , menyangi anak yatim piatu dan berbuat baik lainnya . Tanggung jawab sholat 5 waktu merupakan salah satu tanggung jawab kita sebagai seorang muslim dan kewajiban kita. Banyak orang yang tidak melaksanakan sholat 5 waktu dikarenakan banyaknya aktifitas, tapi menurut saya sebanyak apapun aktifitas kita , kita wajib melaksanakan sholat 5 waktu tersebut karena kita hidup di dunia ini hanya sementara saja dan semua yang kita lakukan akan dipertanggung jawabkan di akhirat sana. Tanggung jawab puasa di bulan ramadhan merupakan aktifitas dimana kita menahan nafsu, menahan lapar dan menahan aus. Di bulan ramadhan kita menjaga aurat kita . Tanggung jawab sebagai muslim adalah berpuasa dimana ada sebuah hadist mengatakan “Hei manusia berpuasalah kamu, sebagaimana orang sebelum kamu” (al-baqarah,183) . Dari ayat ini sudah dijelaskan bahwa orang-orang sebelum kamu telah mempunyai tanggung jawab melakukan puasa di bulan ramadhan . Sekarang masih banyak yang tidak puasa, saya pernah berkunjung di sebuah warteg pas bulan ramadhan saya melihat kenapa di warteg tersebut terlihat ramai . Saya pun menghampirinya dan menegur orang yang tidak berpuasa tersebut. Saya pun menegur yang punya warteg agar menghargai orang yang berpuasa . Tanggung jawab kita terhadap puasa semakin kurang . Tanggung jawab kita menyanyangi anak yatim piatu yaitu aktifitas dimana  kita memberi, mengasihi dan ,membantu orang yang kesusahan . Kita bisa saja berkunjung kerumah yatim piatu dengan membantu mereka dalam bidang pendidikan , ekonomi dll . Ini semua kita lakukan karena tanggung jawab sebagai seorang muslim.  Tanggung jawab membayar zakat adalah salah satu cara membersihkan pendapatan harta kita karena sebagian dari harta kita adalah harta orang lain maksudnya orang lain adalah harta untuk orang miskin dan anak yatim piatu dan masih banyak lagi tanggung jawab yang lainnya .
Tanggung jawab dalam pendidikan yaitu tanggung jawab kita menuntut ilmu setinggi-tingginya untuk mengejar masa depan kita agar jadi orang yang sukses . Tanggung jawab ini lebih ke arah kesadaraan diri dalam belajar menghargai waktu, mengerjakan pekerjaan rumah dan lain-lainnya. Contohnya saya saat dahulu sekolah menengah pertama saya bertanggung jawab agar nilai saya bisa bagus dan menjadi juara kelas . Alhamdulilah saya bisa masuk IPA unggulan dan membuat orang tua saya bangga . Sekarang saya tanggung jawab dalam pendidikan saya menjadi mahasiswa . memang sulit tapi memang harus dilakukan agar membuat orang tuaku senang dan akan melihat anaknya lulus sarjana nanti .
Tanggung jawab pada kerjaan saya yaitu saat saya kerja menjadi pelayan di salah satu tempat makan di daerah depok , saya menjadi buruh cuci piring dan semua tentang membersihkan kotoran . Ternyata saya baru sadar kalau mencari uang sangatlah sulit jauh dari pikiran saya . Selama ini saya hanya meminta uang dari ibu saja tidak tau cara mencarinya . saya juga pernah bekerja menjadi tukang bangunan mengecat rumah , membangun rumah dll. Setiap keringatku sangat berharga dalam bekerja , tapi saya selalu merasa senang dan bahagia karena pengalaman ada harta termahal dalam hidup saya . Kini saya fokus berjualan menjadi tukang gorengan saya berniat membantu ibu saya . awalnya saya hanya melihat orang yang berjualan di ui karena menurut saya penjualnya menjual terlalu mahal saya berniat menjual dagangan saya dengan harga murah yaitu Rp 1000; dengan begitu pembeli banyak yang beli . Setiap minggu saya masih menjual dagangan tersebut. Lama-lama saya mengajak kakak perempuan saya untuk ikut berdagang . sudah satu bulan lebih seminggu saya berjualan . tapi terkadang saya merasa sedih karena terkadang dagangan saya tidak laku seperti minggu-minggu sebelumnya . saya hanya berdoa agar dagangan saya laku dan sukses menjadi wirausahawan .
Tanggung jawab terhadap waktu adalah suatu kegiatan dimana kita menghargai waktu kita . Dalam artian membagi waktu setiap hari , kenyataannya memang sulit karena orang pintar saja belum tentu bisa mengahargai waktu hanya orang cerdas yang bisa menghargai waktu walaupun satu menit saja . Orang yang bisa bertanggung jawab dalam waktu adalah calon orang sukses dimasa depan nantinya karena mereka biasa disiplin menghargai waktu , tidak dipungkiri jika membagi waktu dalam sehari saja satu orang belum tentu bisa . Kebiasaan tanggung jawab dalam membagi waktu harus dipupuk dari kecil , karena mereka yang disiplin terhadap waktu dari kecil sudah terbiasa jadi mereka tentu lebih cerdas daripada orang yang baru belajar tanggung jawab baru awal-awal karena belum terbiasa dan kurangnya niat tentu juga bisa . Niat yang kuat untuk bisa tanggung jawab terhadap waktu bisa sukses jika niat di barengi proses atau dikerjakan tidak hanya niat saja . Kesimpulan dari saya tanggung jawab meliputi berbagi macam , ada dikeluarga, kepada tuhan, diri sendiri, waktu, puasa, zakat, mengasihi anak yatim piatu . Saran saya adalah boleh kita melakukan apa saja yang terpenting adalah harus bisa mempertanggung jawabkan semua perilaku kita.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers