Pembalasan


PENGERTIAN PEMBALASAN
Pembalasan ialah suatu reaksi atas perbuatan orang lain, reaksi itu dapat berupa perbuatan yang serupa, perbuatan yang seimbang, tingkah laku yang serupa, tingkah laku yang seimbang. Dalam Al-Qur’an terdapat ayat-ayat yang menyatakan bahwa Tuhan mengadakan pembalasan. Bagi yang bertaqwa kepada Tuhan diberikan pembalasan dan bagi yang mengingkari pentah Tuhan pun diberikan pembalasan dan pembalasan yang diberikanpun pembalasan yang seimbang, yaitu siksaan dineraka.

Pembalasan
Pembalasan ialah suatu reaksi atas perbuatan orang lain. Reaksi itu dapat berupa perbuatan yang serupa, perbuatan yang seimbang, tingkah laku yang serupa, tingkah laku yang seimbang. Pembalasan disebabkan oleh adanya pergaulan. Pergaulan yang bersahabat mendapat balasan yang bersahabat. Sebaliknya pergaulan yagn penuh kecurigaan menimbulkan balasan yang tidak bersahabat pula. Pada dasarnya, manusia adalah mahluk moral dan mahluk sosial. Dalam bergaul manusia harus mematuhi norma-norma untuk mewujudkan moral itu. Bila manusia berbuat amoral, lingkunganlah yang menyebabkannya. Perbuatan amoral pada hakekatnya adalah perbuatan yang melanggar atau memperkosa hak dan kewajiban manusia. Oleh karena itu manusia tidak menghendaki hak dan kewajibannya dilanggar atau diperkosa, maka manusia berusaha mempertahankan hak dan kewajibannya itu. Mempertahankan hak dan kewajiban itu adalah pembalasan.

PENYEBAB PEMBALASAN
Pembalasan disebabkan oleh adanya pergaulan. Pergaulan yang bersahabat mendapat balasan yang bersahabat. Sebaliknya, pergaulan yang penuh kecurigaan mennimbulkan balasan yang tidak bersahabat pula.
Pada dasarnya, manusia adalah makhluk moral dan sosial. Dalam bergaul, manusia harus mematuhi norma-norma untuk mewujudkan moral itu. Bila manusia berbuat amoral, lingkunganlah yang menyebabkannya. Perbuatan amoral pada hakekatnya adalah perbuatan yang melanggar atau memperkosa hak dan kewajiban manusia lain.

MACAM-MACAM PERHITUNGAN DAN PEMBALASAN
Pembalasan ialah suatu reaksi atas perbuatan orang lain. Reaksi itu dapat berupa
perbuatan yang serupa, perbuatan yang seimbang, tingkah laku yang serupa, dan tingkah laku yang seimbang. Pembalasan Frontal dengan melakukan serangan langsung seperti kata-kata kasar bahkan perlawanan fisik Perhitungan di muka hukum dengan menaaati peraturan bersaing dimuka hukum antara yang dilaporkan dan pihak pelapor.
Pembalasan berasal dari kata balas yang berarti jawaban atau ganjaran. Jadi pembalasan adalah suatau proses jawaban atau ganjaran yang akan di terima oleh suatu mahluk. Pembalasan di bagi dua macam, yaitu:
1. Pembalasan untuk perbuatan baik, dan
2. Pembalasan untuk perbuatan tercela.

III. Pembalasan untuk perbuatan baik dan tercela.

          Seperti yang telah saya sampaikan diatas, pembalasan di bagi menjadi dua yaitu baik dan tercela. Adapun pembalasan untuk perbuatan baik adalah kebaikan untuk dirinya dan juga keluarganya. Contohnya, Ada seorang laki-laki yang sedang berjalan di pinggir jalan. Pada saat itu dia melihat ada benda yang membahayakan orang lain misalkan pecahan botol. Pada saat itu juga dia langsung mengambil dan menyingkirkannya dari jalanan umum. Saat dia melakukan itu dia mendapat pembalasan atau balasan dari Alloh SWT berupa pahala, karena telah menyingkirkan benda tersebut.

        Adapun pembalasan untuk perbuatan tercela adalah kehancuran untuk dirinya dan keluarganya. Contohnya, Seorang bapak yang menafkahi istri & anaknya dengan uang haram yang berasal dari hasil korupsi. Pada contoh kasus kali inidia telah menzolimi (Zolim adalah menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya) yang pertama keluarganya karena telah memberimakan dengan uang haram, dua orang lain karena telah mengambil hak milik orang lain.






IV. Kesimpulan

  1.  Pembalasan berasal dari kata balas yang berarti jawaban atau ganjaran. Jadi pembalasan adalah suatau proses jawaban atau ganjaran yang akan di terima oleh suatu mahluk.
  2.  Pembalasan di bagi menjadi dua yaitu, pembalasan untuk perbuatan baik, dan pembalasan untuk perbuatan tercela.
  3. Pembalasan untuk perbuatan baik adalah kebaikan untuk dirinya dan juga keluarganya.
  4. Pembalasan untuk perbuatan tercela adalah kehancuran untuk dirinya dan keluarganya.
  5. Pembalasan terpedih ada di akhirat, karena tidak satupun mahluk yang bsa lepas dari siksaannya. 

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Serba Ada © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers